Pesona Telaga Warna Dieng Wonosobo

G-PenaKedu – Wonosobo memang terkenal akan wisata Dieng. Pesona yang ditawarkan juga sangat memukau dan membuat banyak orang menjadi mengunjungi Wonosobo. Akan tetapi, tidak hanya kawasan wisata Dieng saja yang terkenal di penjuru wilayah Indonesia. Nah, kali ini kita akan membahas wisata Telaga Warna Dieng yang tidak kalah menarik. Telaga Warna terletak di Kalilembu, Dieng, Kejajar, Wonosobo Regency, Central Java 56354. Lalu apa saja pesona keindahan Telaga Warna? Simak pembahasannya di bawah ini !

Daya Tarik

warna-air-telaga-warna-diengAsal usul atau sejarah disebut sebagai Telaga Warna dikarenakan telaganya dapat berubah-ubah warnanya. Adapun perubahan warnanya yang sering terjadi adalah warna kuning, hijau atau bahkan menjadi seperti pelangi. Mungkin banyak yang bertanya-tanya, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal ini dikarenakan air yang terdapat di telaga tersebut memiliki kandungan yang kaya akan sulfur. Kandungan sulfur itulah yang kemudian dapat membiaskan sinar matahari yang kemudian terjadi perubahan warna pada telaga secara alami.

Tidak jauh dari lokasi, setidaknya terdapat gua, diantaranya adalah Gua Semar Pertapaa Mandalasari Begawan Sampurna Jati, Gua Jaran Resi Kendaliseto dan Gua Eyang Kumalasari. Konon katanya, di Gua Semar terdapat sumber air yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan dapat membuat kulit Anda menjadi lebih awet muda serta lebih cantik.

Di Gua Semar juga terdapat sumber air Tirta Prawitasari. Nama tersebut diambil dari lakon wayang yang bernama Bima Suci. Dalam kisahnya ia mencari kesejatian dalam hidup. Banyak juga yang menggunakan gua tersebut sebagai meditasi. Bahkan, beberapa masyarakat yang beragama Hindu biasa menjadikan tempat tersebut sebagai upacara ritual.

Perlu diketahui bahwa Telaga Warna ternyata telaga terluas kedua yang ada di dataran tinggi Dieng setelah Telaga Menjer. Jika dibandingkan dengan telaga lain, Telaga Warna menjadi rekomendasi yang pertama untuk dikunjungi terlebih dahulu.

Melihat dari Sudut yang Berbeda

Apa saja yang ditawarkan dari Telaga Warna selain keindahan airnya yang dapat berubah-ubah?

Jika ingin melihat Telaga Warna Dieng dari sisi yang berbeda, kalian bisa menikmatinya dengan menaiki sebuah puncak batu yang terkenal dengan sebutan Batu Pandang Dieng. Disini kalian dapat menikmati keindahan alam yang ada disekitar Telaga Warna yang penuh dengan pepohonan rindang yang tentunya dapat mamanjakan mata Anda. Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa melihat puncak Gunung Sindoro yang terlihat dari Gardu Pandang Batu. Dari puncak, Anda juga bisa melihat Telaga Pengilon yang tidak kalah indah dengan Telaga Warna. Disebut sebagai Telaga Pengilon dikarenakan air telaga tersebut dapat digunakan untuk bercermin, sehingga dinamakan ‘pengilon’ yang diambil dari bahasa Jawa.

Informasi Penting

Adapun informasi mengenai HTM ke Telaga Warna Dieng adalah Rp 7000/orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya relatif murah, yaitu untuk mobil adalah Rp 5000 dan motor adalah Rp 2000. Apabila dari kalian ingin mengetahui lebih lanjut atau ingin mendapatkan informasi lainnya terkait Telaga Warna, bisa menghubungi pihak pengelola di nomorĀ 0822-2307-8208.

Cerita Legenda

Ada cerita legenda Telaga Warna Dieng dari penduduk setempat. Konon katanya, telaga tersebut terbentuk karena adanya tangisan dari seluruh penduduk dari kerajaan di masa lalu secara terus menerus. Sehingga dapat membanjiri wilayah tersebut dalam jangka waktu yang lama. Para penduduk menangis karena kala itu putri kerajaan yang sedang berulang tahun, akan tetapi menolak hadiah dari ayahnya yang berupa kalung bernilai tinggi. Akibat dari tangisan penduduk tersebut itulah yang kemudian menjadi Telaga Warna yang sangat indah karena memiliki kisah yang sangat menyentuh.

Rute

Rute menuju ke lokasi yaitu kalian bisa memulainya dari titik pusat kota Wonosobo atau dari alun-alun. Dari alun-alun Wonosobo, kalian menuju jalan yang ada di sebelah barat alun-alun. Ikutilah jalan tersebut menuju arah Utara hingga nantinya sampai di daerah Wisata Dieng.

Setelah sampai di kawasan wisata Dieng, nantinya kalian akan menemukan pertigaan, ambillah jalan kiri untuk menuju Telaga Warna. Jangan mengambil jalan arah kanan, karena jalan tersebut akan membawa kalian ke arah Banjarnegara. Dari pertigaan tersebut, setidaknya masih menempuh jarak kurang lebih 1 KM. Perjalanan menuju Dieng bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa transportasi umum. Sedangkan untuk menuju lokasi wisata, kalian bisa berjalan kaki atau mengandalkan jasa ojek yang berada di pertigaan kawasan Dieng.

Itulah sedikit informasi mengenai wisata Telaga Warna Dieng dengan pesona warna air yang dapat berubah-ubah dalam waktu tertentu. Semoga informasi diatas dapat membantu perjalanan wisata Anda ya.

Author: Admin

cuma Admin yang memantau timeline - yang dibelakang layar biarlah tetap dibelakang layar :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *