Puncak Seroja – Sisi Lain Keindahan Telaga Menjer

G-PenaKedu – Keindahan Telaga Menjer memang mengagumkan. Panorama disekitar tempat wisata sangatlah asri dan membuat orang betah ketika berkunjung kesana. Kini, keindahan Telaga Menjer tidak hanya dapat disaksikan dari dekat saja, bisa juga disaksikan dari Puncak Seroja. Ya, sebuah spot view khusus untuk melihat sisi lain pesona Telaga Menjer. Objek wisata ini telah resmi dibuka pada Juli 2016 silam.

Panorama Puncak Seroja

Wisata Alam Seroja menjadi salah satu obyek wisata baru yang kini mampu menyedot ribuan bahkan hingga puluhan ribu pengunjung setiap pekannya. Wisata alam yang terletak di Desa Tlogo, Kecamatan Garung, Kab Wonosobo ini menawarkan keindahan pemandangan Telaga Menjer dari atas bukit sunrise yang baru berusia kurang lebih setahun. Meskipun Telaga Menjer sudah kian populer di mata wisatawan, namun Puncak Seroja juga menawarkan pemandangan dari sisi lain telaga yang memukau, terlebih bagi mereka yang hobi berfoto di obyek alam.

pemandangan camp di puncak seroja kompleks Telaga MenjerDari Puncak Seroja pengunjung tidak hanya menikmati keindahan alamnya saja. Akan tetapi, perjalanan menuju puncak menjadi salah satu daya tarik. Tracknya tidak terlalu sulit, selain itu jarak tempuhnya juga tidak terlalu tinggi. Kelebihan inilah yang menjadikan objek wisata ini menjadi salah satu primadona bagi pendaki pemula ataupun wisatawan yang tidak kuat jalan jauh. Berdasarkan pengalaman dari pengunjung yang pernah kesini, sebagian besar dari mereka mengatakan bahwa pendakian cukup mudah. Sebenarnya sepeda motor bisa saja sampai ke puncak, akan tetapi tidak diperkenankan oleh pengelola wisata.

Dari puncak, Telaga Menjer akan tampak dari atas bukit dengan deretan perbukitan di Gunung Sindoro dan gunung lainnya bisa terlihat berderet di bagian Timur bukit. Dari sini, pengunjung dapat mengabadikan pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Di puncak juga sudah tersedia spot-spot dengan berbagai macam sisi. Adapun salah satu spot favorit adalah jembatan gantung yang berada tepat di atas tebing telaga.

Sementara itu, bagi para fotografer yang berburu sunrise, bisa beristirahat di pos utama yang disediakan pengelola. Pendaki bisa naik pukul 03.00 WIB pagi sehingga bisa sampai puncak satu jam setelahnya. Selain itu pengelola juga menyewakan alat perkemahan bagi yang ingin bermalam menunggu matahari terbit.

Fasilitas

Fasilitas yang ada disekitar objek wisata cukup lengkap. Beberapa diantaranya adalah tempat parkir yang cukup luas, warung, toilet serta penginapan yang tidak jauh dari objek wisata.

Jarak tempuh dari tempat parkir kendaraan menuju Puncak Seroja kurang lebih 3 kilometer yakni sampai pos 3 (puncak tertinggi). Bagi pengunjung yang hendak beristirahat di perjalanan, di sepanjang pendakian terdapat pos untuk beristirahat sejenak, selain itu ada pula warung yang menyediakan makanan khas seperti tempe kemul hingga makanan berat.

Warung yang terdapat di objek wisata sudah dikemas dengan sedemikian rupa. Adapun konsepnya adalah warung semi cafe, dimana pengunjung dapat bersantai dan menikmati makanan dengan nikmat dan nyaman. Bertanya soal harga, Anda tidak perlu khawatir, karena harganya sangat terjangkau. Minuman kopi dipatok dengan harga sekitar 3000 rupiah saja dan makanan berat paling mahal adalah Rp15.000,00 saja.

Berdasarkan pantauan pihak pengelola, kebanyakan pengunjung yang datang ke objek wisata secara rutin hanya untuk melepas penat setelah bekerja seharian. Pengunjung yang datang juga dari berbagai kalangan, mulai dari pegawai PNS, hingga pengunjung luar daerah.

Bagi Anda yang ingin menikmati sisi lain keindahan Telaga Menjer, Anda dapat mengunjungi Puncak Seroja ini. Cukup dengan berkendara sekitar 15 KM dari kota Wonosobo, pengunjung bisa langsung menuju komplek Telaga Menjer dan masuk ke objek wisata Alam Seroja dengan membayar Rp5.000,00 saja.

sumber : Erwin Abdillah

Author: Admin

cuma Admin yang memantau timeline - yang dibelakang layar biarlah tetap dibelakang layar :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *