Ini Manfaat Berendam di Pemandian Air Panas Krakal Kebumen

G-PenaKedu – Pemandian air panas krakal Kebumen merupakan salah satu wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat Kota Kebumen. Nama Krakal sendiri diambil dari desa tempat pemandian air hangat ini berada, yaitu di Desa Krakal, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen. Letaknya kurang lebih 15 km dari pusat Kebumen. Hal ini tentunya menjadi nilai plus, karena mudah dijangkau oleh pengunjung yang berasal dari luar kota sekalipun.

wisata-pemandian-air-panas-krakalWisata ini terkenal akan khasiat air panasnya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Sehingga tak heran, saat menjelang libur panjang wisata pemandian air hangat krakal Kebumen ini akan sangat ramai dipadati pengunjung yang datang. Kandungan garam serta mineralnya lah yang membuat tubuh terasa nyaman saat berendam dan menyembuhkan penyakit-penyakit kulit. Wisata air panas ini memiliki banyak sumber air  panas, hanya saja terdapat 2 sumber yang dimanfaatkan sebagai pemandian.

Akses Jalan

Wisata air panas krakal ini berada sekitar 15 km dari utara ibu kota Kabupaten Kebumen. Bagi pengunjung yang datang dari luar kota tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak penginapan-penginapan yang dekat dengan objek wisata tersebut. kondisi jalanannya sendiri memang cukup mudah diakses, hanya saja ada beberapa titik jalan yang terdapat kerusakan dan belum diperbaiki. Sedangkan akses menuju lokasi wisata dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Namun, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena hingga saat ini jarang sekali kendaraan umum yang melewati lokasi wisata.

Manfaat

Tidak hanya memiliki kandungan mineral yang tinggi, air yang terdapat dalam pemandian ini memiliki kandungan:

Sulfat 1236 mg/l
Tembaga 0,2 mg/l
Florida 0,7 mg/l
Amonia 3,9 mg/l
Nitrat 0,7 mg/l
Oksigen 4,6 mg/l

Dari kandungan tersebut, banyak orang yang percaya bahwa berendam selama 15 menit di pemandian air hangat krakal dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Adapun beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari berendam tersebut adalah:

  • Mengobati Rematik – Kandungan yang terdapat dalam air panas tersebut terbukti dapat mengobati penyakit rematik. Beberapa orang yang menderita penyakit rematik rutin terapi disini dan terbukti dapat menguranginya secara perlahan.
  • Mengobati Pegal & Linu – Bagi kalian yang dalam sepekan ini melakukan aktivitas yang terlalu banyak dan merasakan pegal-pegal di tubuh, kalian bisa mencoba untuk berendam di pemandian air panas ini. Akan tetapi, tidak disarankan untuk berendam lebih dari 15 menit karena dapat membuat pingsan.
  • Mengobati Gatal-Gatal atau Alergi – Nah, jika kalian menderita alergi yang tak kunjung sembuh, alangkah baiknya mencoba untuk berendam di pemandian air hangat ini. Sudah banyak orang membuktikan khasiatnya dan terbukti dapat sembuh secara perlahan tanpa menggunakan obat.

Sejarah Wisata

Ternyata wisata pemandian air panas krakal ini memiliki cerita yang cukup unik di masa lampau. Pada mulanya, beberapa ratus tahun silam ada salah satu kerabat dari Keraton Surakarta yang sedang berkunjung, yaitu Kyai Agung Sabdo Guno. Beliau menderita jenis penyakit kulit yang cukup parah dan susah sekali untuk diobati. Hingga suatu ketika beliau memimpikan sebuah sumur kecil yang berlokasi di tengah-tengah hutan jati. Dalam mimpi tersebut, sumur tersebut bisa memberikan kesembuhan terhadap penyakit yang dideritanya.

pemandian-air-panas-krakalBerdasarkan mimpi tersebut, Kyai Agung Sabdo Guno ini akhirnya mencari sumur yang sesuai dengan yang ada di dalam mimpinya tersebut. Setelah menemukannya, beliau mencoba untuk mandi menggunakan air yang ada di dalam sumur tersebut secara rutin.  Alhasil lama kelamaan semua penyakit kulit yang dideritanya berangsur sembuh. Setelah sembuh, kemudian beliau menamakan tempat tersebut yaitu desa Krakal yang memiliki arti kerikil yang berukuran agak besar.

Dalam perkembangannya, pada masa pemerintahan Belanda, pemandian air panas krakal ini terus menerus dibangun dan digunakan sebagai tempat pengobatan berbagai penyakit kulit, tepatnya di tahun 1905. Di sekitar kawasan air panas sudah banyak ditempati masyarakat-masyarakat Tionghoa yang memiliki pekerjaan sebagai tengkulak untuk hasil-hasil bumi. Hal ini bisa terlihat dari sisa-sisa bangunan yang dipercaya sebagai bekas hotel dan penginapan yang digunakan untuk masyarakat Tionghoa saat menginap dan berlibur di kawasan wisata air panas tersebut yang sering dinamakan sebagai Lay (Tan Tio Lay).

Sejak saat itu, wisata air panas krakal ini banyak sekali dikunjungi wisatawan bahkan hingga kini. Khasiatnya yang dapat menyembuhkan penyakit-penyakit kulit diyakini karena melekatnya unsur magis di dalamnya. Pada bulan-bulan tertentu, seperti bulan Ruwah maupun Suro banyak sekali wisatawan yang berkunjung untuk berziarah mengunjungi makam Kyai Agung Sabdo Guni.

Mitos

Di dalam sumur pemandian air panas krakal tersebut ada banyak sekali uang-uang logam yang memang sengaja dimasukkan oleh pengunjung yang datang. Terdapat kepercayaan yang mengatakan bahwa setelah mandi di pemandian air panas tersebut haruslah melempar uang logam ke dalam sumur tua yang ada. Selain itu terdapat pula kepercayaan lainnya yang mengharuskan dilakukan pengurasan pada air di dalam sumur setiap ½ tahun sekali. Namun dalam acara tersebut diperlukan sesaji khusus yaitu ayam jago serta bebek jantan putih dan tamu undangan yang berjumlah 50 orang. Uniknya meskipun musim kemarau sekalipun, sumur di tempat pemandian ini sama sekali tidak mengalami kekeringan. Air di pemandian selalu berisi dan siap digunakan kapanpun pengunjung datang.

Harga Tiket & Operasional

Untuk menikmati wisata pemandian air panas Kebumen ini, pengunjung yang datang hanya dikenai biaya sekitar Rp 10.500 untuk dewasa dan Rp 9.500 untuk anak-anak. Selain itu untuk biaya parkir, bagi yang membawa kendaraan sepeda motor dikenai biaya skeitar Rp 2.500 dan untuk mobil sekitar Rp 3.000.

Jam Operasional : 07.00 – 17.00 WIB

Nah itu tadi informasi seputar wisata pemandian air panas krakal Kebumen yang dapat kamu ketahui. Kalian bisa menjadikannya sebagai salah satu rekomendasi wisata yang dapat dikunjungi ketika liburan tiba. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat ya.

Author: Admin

cuma Admin yang memantau timeline - yang dibelakang layar biarlah tetap dibelakang layar :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *