Paralayang Lengkong Wonosobo

G-PenaKedu – Ada berita bagus bagi Anda yang menyukai wahana paralayang. Kini Anda tidak perlu jauh-jauh ke Bogor ataupun kota lain diluar wilayah Jawa Tengah. Mengapa demikian? Karena kini di Wonosobo, tempatnya di Bukit Kekep, Desa Lengkong, Kec. Garung sudah ada wahana wisata tersebut. Masyarakat sekitar atau wisatawan yang pernah berkunjung kesini menyebutnya sebagai Paralayang Lengkong.

Asal Mula dan Lokasi

Pada mulanya wahana wisata ini hanya digunakan oleh komunitas pecinta paralayang daerah Wonosobo. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, pemuda-pemudi dari komunitas tersebut kemudian mengembangkannya menjadi wahana wisata untuk publik. Wahana ini dirintis sejak tahun 2012 silam. Jaraknya yang tidak jauh dari pusat kota Wonosobo membuat wisatawan yang menyukai paralayang mengunjungi tempat ini. Adapun jarak tempuh dari pusat Wonosobo hanya sekitar 20-30 menit saja.

Wisata Paralayang di Wonosobo ini berada di Desa Lengkong, kurang lebih sekitar 20 menit dari pusat kota. Untuk akses menuju Desa Lengkong, pengunjung yang datang bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Wisatawan bisa menggunakan akses jalur dari Mandalawangi atau Kalianget. Akan tetapi, untuk perjalanan dari Desa Lengkong menuju lokasi wisata hanya bisa dilakukan dengan menggunakan motor atau mobil offroad. Hal ini dikarenakan medannya cukup sulit dan akses menuju lokasi cukup menantang.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

view-paralyang-lengkongDesa lengkong memang kurang begitu dikenali oleh banyak wisatawan, terkecuali bagi orang-orang yang memang menjadi pecinta paralayang. Terletak di bawah kaki Gunung Sindoro, membuat desa ini memiliki pesona keindahan yang menakjubkan. Keindahan alam sekitar inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagai wahana Paralayang Lengkong. Berada di ketinggian lebih dari 2.000 mdpl membuat Desa Lengkong dijadikan sebagai salah satu lokasi landasan pacu paralayang di Wonosobo.

  • Wisata Paralayang

Disini pengunjung bisa mencoba wahana Paralayang Lengkong dengan tingkatan yang berbeda. Paralayang ini setidaknya memiliki 4 tingakatan, dari level 1 sampai 4. Bagi Anda yang masih pemula bisa mencoba level 1 atau 2, sedangkan bagi yang sudah mahir bisa langsung mencoba level paling tinggi, yaitu level 4. Tingkatan yang dimaksud dalam wahana ini adalah tingkat ketinggian ketika lepas landas. Semakin tinggi levelnya, maka semakin tinggi pula ketinggian lepas landasnya.

Mungkin banyak yang mempertanyakan, apakah wisata paralayang ini aman dicoba? Tenang saja, paralayang ini sangat aman dan didampingi oleh mereka yang sudah profesional dalam bidangnya. Perlu diketahui bahwa, Bukit Sikekep yang ada di Desa Lengkong sudah pernah dicoba sebelumnya oleh salah satu pilot paralayang, yaitu Mas Anto sebanyak 11 kali. Bagi Anda yang masih pemula tak perlu khawatir karena akan didampingi langsung oleh pilot paralayang ketika sedang mengudara dan keamanannya terjamin. Salah satu yang menarik dari wisata paralayang ini adalah pemandangan ketika menjelang matahari terbenam. Pesona keindahannya sangat mempesona, apalagi jika Anda menyaksikkannya sambil mengudara.

  • Berkunjung ke Agrowisata

Jika sudah puas mencoba wahana paralayang, Anda juga bisa mengunjungi Agrowisata yang tidak jauh dari lokasi tersebut. Disana pengunjung bisa mengenal lebih banyak pengetahuan tentang tanaman budidaya. Agrowisata ini bisa dijadikan sebagai wisata edukasi, apalagi bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Anak-anak tidak perlu takut, karena masyarakat desa begitu ramah dan membuat pengunjung bisa merasakan seperti layaknya rumah. Disekitar tempat ini juga sudah ada tempat beristirahat dan tempat makan, jadi Anda tidak perlu takut untuk kehabisan stok makanan.

Wisata Paralayang ini tentunya dapat menjadi alternative wisata bagi Anda yang ingin mencoba hal-hal baru dan menantang. Wisata ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk memacu adrenalin, karena Anda bisa merasakan sensasi terbang diatas ketinggian tertentu yang disertai dengan hembusan angin yang selalu berubah-ubah.

Untuk harganya sendiri, pengunjung dapat mencoba wisata paralayang ini dengan harga Rp 350.000 dengan durasi selama 10-20 menit. Harga ini cukup murah jika dibandingkan dengan wisata paralayang yang ada di daerah lainnya. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan wisata paralayang ini saat berkunjung di Kota Wonosobo ya.

Nah, itulah informasi tentang Paralayang Lengkong di Wonosobo yang dapat Anda ketahui. Jangan ragu untuk mencoba terbang diatas ketinggian yang hampir 2000 mpdl karena kegelisan Anda nantinya akan terbayar oleh pemandangan alam yang indah. Selamat berakhir pekan !

Author: Admin

cuma Admin yang memantau timeline - yang dibelakang layar biarlah tetap dibelakang layar :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *