Koleksi Museum Tosan Aji

G-PenaKedu – Berlibur ke Purworejo tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata sejarah yang terdapat di kota tersebut. Dengan mengunjungi wisata sejarah, tentunya kita dapat menambah wawasan yang lebih, selain itu liburan pun terasa bermanfaat. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu wisata sejarah yang cukup populer untuk dikunjungi yaitu Museum Tosan Aji Purworejo. Museum ini terletak di Jalan Mayjend Sutoyo No. 10, tepatnya berada di sebelah Selatan dari Alun-Alun Purworejo. Letaknya cukup strategis dan tidak jauh dari pusat kota, sehingga banyak masyarakat yang sering mengunjungi museum ini. Nah, simak informasinya di bawah ini ya.

Sejarah Wisata Museum

Pembangunan wisata museum ini diprakarsai oleh Menteri Dalam Negeri, yaitu Bapak Soepadjo Rustam. Kemudian diresmikan pada 13 April tahun 1987 silam oleh Gubernur KDH tingkat I, Jawa Tengah yaitu Bapak Ismail. Pada mulanya, museum ini terletak di Pendopo Kawedanan Kutoarjo. Akan tetapi, pada 10 Juni 2011 seluruh koleksi yang ada di Kutoarjo kemudian dipindahkan ke pusat Purworejo. Adapun bangunan yang ditempati merupakan bekas dari Pengadilan Negeri pada masa kolonial Belanda.

Di dekat museum juga terdapat wisata sejarah sekaligus religi, seperti Masjid Agung Darul Mutaqin dengan Beduh Pandowo terbesar di Indonesia. Ada pula pendopo Kabupaten Purworejo yang digunakan untuk acara tertentu. Tidak jauh dari pendopo, terdapat gereja GPIB yang masih beroperasional hingga sekarang dan lain sebagainya.

koleksi-keris-museum-tosan-ajiAsal Usul

Tosan Aji adalah salah satu warisan budaya bangsa yang berasal dari nenek moyang sebelumnya dan menjadi salah satu identitas dari budaya bangsa Indonesia hingga saat ini. Pada zaman dulu, keris sering digunakan sebagai salah satu senjata perang yang sakti. Akan tetapi, di era modern ini keris sering disangkut-pautkan dengan hal-hal yang berbau mistis dengan menganut kepercayaan orang dulu.

Koleksi Museum

Pada mulanya, Museum Tosan Aji merupakan museum khusus yang menyimpan satu jenis koleksi saja, yaitu Tosan Aji atau keris. Namun seiring dengan berjalannya waktu, museum ini juga menampilkan koleksi-koleksi cagar budaya yang ditemukan di daerah Purworejo, baik itu ditemukan saat masa klasik maupun prasejarah. Tentu saja koleksi-koleksi ini menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung untuk belajar sejarah. Tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan saja, pengunjung juga bisa melihat benda-benda berserjarah serta kekayaan alam yang tersimpan di dalam Kota Purwokerto.

Hingga saat ini koleksi yang tersimpan di dalam museum berjumlah lebih dari 1000 koleksi. Adapun beberapa koleksi yang terdapat dalam museum diantaranya adalah keris, pedang, tombak, kujang serta cundrik granggang yang berasal dari jaman Kerajaan Majapahi dan Pajajaran.

gamelan-museum-tosan-ajiDisini juga terdapat  koleksi cagar budaya Purwokerto seperti Gamelan Kuni Kyai Cokronegoro, yang merupakan hadiah dari Susuhan Paku Buwono VI kepada Bupati Purworejo pertama yaitu Cokronegoro. Ada juga berbagai macam jenis prasasti, arca, yoni, fosil, lingga, guci, batu gong, gerabah, beliung, menhir, dan masih banyak lainnya. Pihak pengelola museum berusaha untuk melengkapi koleksi museum dan tetap menjaga nilai sejarahnya.

Ketika kalian masuk ke Museum Tosan Aji, kalian akan terkagum. Hal ini dikarenakan suasana yang ada di dalam museum memang didesain sebaik mungkin agar setiap pengunjung yang datang benar-benar dapat menikmati suasana sejarah yang ada di Kota Purworejo. Adapun yang menarik adalah di bagian ruang depan, pengunjung bisa melihat bagaimana proses pembuatan dari keris-keris leluhur bangsa Indonesia.

Fasilitas & Operasional

Bagi pengunjung yang datang ke museum tidak perlu khawatir akan fasilitias yang disediakan. Disini fasilitasnya bisa dibilang belum lengkap, sehingga menambah kenyamanan bagi wisatawan yang datang. Adapun fasilitas yang ada diantaranya  kamar mandi  dan area parkir yang cukup luas. Untuk biaya tiket masuknya sendiri sangat murah, hanya sekitar Rp 1.000/orang saja.

Kalian dapat mengunjungi museum ini pada:

Senin-Sabtu : 08.00 – 16.00 WIB
Minggu : Libur

Telp : (0275) 321033

Nah itu tadi penjelasan mengenai wisata Museum Tosan Aji beserta koleksi yang ada di dalamnya. Semoga dapat menambah referensi liburan kalian ya ! Jangan lupa piknik !

Author: Admin

cuma Admin yang memantau timeline - yang dibelakang layar biarlah tetap dibelakang layar :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *