Eksotisme Lubang Sewu Erorejo Wadaslintang

G-PenaKedu – Kawasan wisata Wonosobo sangatlah luas dan banyak sekali. Tidak mengherankan apabila terdapat beberapa destinasi wisata yang masih jarang dikunjungi, salah satunya adalah Lubang Sewu Erorejo Wadaslintang yang berada di ujung selatan kota asri ini. Wilayah Wadaslintang yang berbatasan dengan Kabupaten Kebumen memiliki pemandangan alam yang eksotis berupa perbukitan hijau yang rimbun dengan pepohonan dan waduk yang memiliki pemandangan menyerupai pantai. Objek wisata ini terletak di Jurutengah, Erorejo, Wonosobo. Ingin tau lebih lanjut tentang wisata alam Lubang Sewu Erorejo? Simak ulasannya di bawah ini ya.

Asal Mula

Lubang Sewu Erorejo merupakan pemandangan alam yang berupa gugusan batu kapur putih yang indah yang terbentuk secara alami dan sudah tersusun sejak ribuan tahun silam. Diberi nama Lubang Sewu dikarenakan lubang-lubang tersebut jumlahnya sangat banyak, sehingga masyarakat sekitar menamainya sebagai Lobang Sewu. Masyarakat sekitar juga meyakini bahwa Lubang Sewu ini merupakan salah satu penyebab adanya perubahan debit air di waduk tersebut.

gugusan-batu-lubang-sewu-erorejo

Menurut salah satu warga disekitar, di kawasan waduk ini sebenarnya terdapat banyak sekali lubangnya. Akan tetapi kebanyakan dapat terlihat ketika air sedang surut ataupun digunakan sebagai perairan persawahan di wilayah Kebumen dan Purworejo. Selain itu, air yang terdapat pada waduk juga dapat berfungsi sebagai PLTA. Pada saat air pasang, lubang-lubang tersebut biasanya menjadi rumah bagi berbagai spesies ikan. Masyarakat di sekitar lokasi wisata beberapa juga memiliki usaha pepes ikan yang menjadi makanan khas asal Erorejo.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Tidak hanya menikmati keindahan alam yang ada disekitar objek wisata. Pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas di sekitar objek wisata selain berselfie. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Lubang Sewu Erorejo :

  • Memancing

Biasanya pengunjung yang sudah pernah mendatangi tempat ini akan membawa peralatan memancing. Di sekitar objek wisata setidaknya terdapat beberapa spot yang sangat cocok untuk memancing sambil menikmati matahari terbenam dan udara yang sejuk. Sebagian besar pengunjung yang memancing sangat menikmati dan tentunya dapat bertahan lama karena pesona keindahan matahari terbenam di tempat ini sangatlah indah.

perahu-lubang-sewu-erorejo

  • Naik Perahu

Bagi pengunjung yang ingin berkeliling waduk, bisa menyewa perahu getek nelayan yang selalu tersedia di pinggir dermaga dan bisa melihat sebuah pulau yang berada di tengah waduk bernama desa Kumejing. Pada saat matahari terbenam, pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan dengan pantulan cahaya keemasan dari air waduk dan bebatuan di sekeliling Lobang Sewu yang menyerupai candi. Untuk menyewa sebuah perahu biasanya akan dikenakan biaya Rp10.000,- sampai Rp20.000,- per orang.

  • Kuliner

Bagi pengunjung yang lelah setelah menjelajahi objek wisata tidak perlu cemas, karena di sekitar tempat wisata sudah ada kuliner khas yang menyambut Anda. Salah satu yang paling terkenal adalah pepes ikan. Ikan yang diolah merupakan hasil dari tangkapan masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan dan setiap harinya dapat panen mencapai 1 kwintal apabila sedang melimpah. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat menikmati berbagai hidangan lain seperti bucu (tumpeng ayam), sruwet, dawet, kelapa muda dan lain sebagainya.

Informasi Penting

Berikut ini adalah beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui apabila ingin berkunjung ke objek wisata Lubang Sewu Erorejo.

Fasilitas

Di sekitar objek wisata setidaknya sudah terdapat beberapa fasilitas umum seperti toilet gazebo. Jadi, apabila pengunjung sudah lelah, dapat beristirahat di gazebo sambil menikmati kuliner khas Erorejo.

Rute dan Kondisi Medan

Lobang Sewu letaknya kurang dari 500m dari jalan utama Erorejo dan bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum,  sehingga cocok untuk pejalan kaki atau backpacker. Untuk menuju kawasan waduk hanya dibutuhkan 1,5 jam dari kota (Wonosobo) dan bisa menuju desa terdekat yakni Erorejo.

Kondisi medan menuju lokasi wisata baik, jalannya sudah teraspal. Dapat dilalui dengan menggunakan motor, mobil ataupun bus pertiga sudah bisa masuk. Dari beberapa arah menuju lokasi utama jalanannya sedikit sempit akan tetapi masih bisa dilalui. Harap berhati-hati dalam berkendara.

Operasional & HTM

Jam Operasional : 06.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket : Dewasa (termasuk diatas 10 tahun) : Rp2.000,-

Parkir :

  • Motor Rp2.000,-
  • Mobil Rp5.000,-

Kontak Pengelola 

Phone : 081392383883
Email : lubangsewu@gmail.com

Itulah ulasan singkat tentang objek wisata Lubang Sewu Erorejo. Menarik bukan? Dengan biaya tiket masuk yang bisa dibilang sangat murah, Anda sudah bisa menikmati objek wisata alam yang terbentuk secara alami dan tentunya dapat mencicipi makanan dan minuman khas daerah tersebut.

sumber : Erwin

Author: Admin

cuma Admin yang memantau timeline - yang dibelakang layar biarlah tetap dibelakang layar :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *