Goa Seplawan Purworejo

G-PenaKedu – Purworejo merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal akan keindahan Pantai Ketawang. Banyak wisatawan dari luar kota ataupun warga disekitar yang sering mengunjungi tempat tersebut. Akan tetapi, taukah kamu bahwa terdapat surga tersembunyi di Purworejo? Apa itu? Jawabannya adalah Goa Seplawan Purworejo. Yuk, simak pembahasannya dibawah ini.

Lokasi

Goa Seplawan merupakan salah satu surga tersembunyi di Kabupaten Purworejo yang akhir-akhir ini sedang booming di media sosial. Banyak masyarakat menganggap bahwa Goa Seplawan merupakan destinasi wisata yang dapat diunggulkan selain Pantai Ketawang ataupun Pantai Jatimalang. Terletak di Dusun Katerban RT 03 RW 01, Donorejo, Kaligesing, Purworejo yang tidak jauh dari pusat kota membuat Goa Seplawan kini ramai dikunjungi.

Goa Seplawan PurworejoSecara geografis, goa ini terletak disebelah Barat Daya dari Perbukitan Menoreh yang tingginya mencapai 800 mpdl dengan tingkat kemiringan sekitar 60-70 derajat. Adapun jarak tempuh menuju Goa Seplawan dari arah Yogyakarta memakan waktu sekitar 1,5 jam, sedangkan dari pusat Purworejo sendiri memakan waktu sekitar 1 jam.

Hingga saat ini pemerintah Kabupaten Purworejo dan pihak pengelola Goa Seplawan masih melakukan perbaikan dibidang infrastuktur, berusaha untuk menata keindahan goa tersebut tanpa merusaknya dan memperbaiki beberapa fasilitas umum lainnya. Sebagai informasi, bahwa kini jalan menuju destinasi wisata ini baru saja selesai diaspal. Selain itu, pihak pengelola juga masih membenahi rute dan pencahayaan dalam goa.

Sejarah

Pada tanggal 15 Agustus 1979 silam, didalam goa ditemukan sebuah acra emas 33 karat, tingginya sekitar 9 cm dan beratnya mencapai 2,5 kg. Akan tetapi, hingga saat ini info terupdate menyatakan bahwa arca tersebut merupakan peninggalan dari Hindu Siwa. Menurut Kelik (pengelola), arca asli tersebut sebenarnya masih ada dan saat ini berada di Museum Nasional untuk dijadikan sebagai benda yang bersejarah.

Replika Arca Goa SeplawanSebagai pengganti patung tersebut, pemerintah Kabupaten Purworejo membuatkan replika patung dan diletakkan tepat didepan mulut Goa Seplawan Purworejo. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengingatkan kepada wisatawan bahwa goa ini merupakan tempat yang sangat suci dan dianggap sakral oleh masyarakat dimasa lalu.

Di dalam goa terdapat jalan yang bercabang, yaitu jalur kanan dan jalur kiri. Pada jalur kanan merupakan jalur dimana ditemukannya arca pertama kali dan hingga saat ini jalur kanan tersebut dijadikan sebagai jalur utama menyusuri goa. Sedangkan jalur kiri, kalian akan sampai dibibir jurang dari goa tersebut. Menurut Kelik, adanya persimpangan tersebut memiliki makna tersendiri dan hingga saat ini dipercayai oleh masyarakat sekitar sebagai nasehat. Dimana persimpangan tersebut melambangkan pilihan hidup kita, mau ke arah baik atau ke arah yang buruk.

Asal Usul

Taukah kamu bahwa Goa Seplawan ini ternyata masuk dalam kategori wisata bersejarah. Hal ini ditunjukkan oleh hasil survey meditasi pada tahun 1986 silam. Hasil survey tersebut adalah didalam Goa Seplawan ini setidaknya terdapat sebuah tulisan Jawa Kuno yang berbunyi safluwan, diambil dari kata “saflu” yang artinya suci dan “wan” yang artinya manusia. Nama Seplawan itu juga relative, sehingga memudahkan ingatan ikhwal akan makna keberadaan goa tersebut pada saat itu. Jadi, tidak mengherankan apabila disepanjang perjalanan dari masuk goa sampai pintu keluar kita mendapati banyak pesan-pesan kearifan lokal.

Pesona Keindahan

Goa Seplawan Purworejo memiliki pesona alam yang mengagumkan. Keindahan alam yang ditawarkan disekitar goa ini diantaranya adalah banyaknya pepohonan yang dapat membuat cuaca disekitar menjadi lebih segar dan tentunya dapat memanjakan mata.

Gardu Pandang Goa Seplawan

Jika kalian ingin menikmati keindahan alam disekitarnya, kalian bisa melihatnya dari Gardu Pandang Goa Seplawan di Purworejo yang ada di lantai atas dengan menaiki sebuah tangga. Dari gardu pandang tersebut, kalian bisa menikmati pemandangan alam disekitarnya seperti Waduk Sermo, Kulonprogo.

Di lantai atasnya lagi terdapat sebuah gazebo yang dilengkapi dengan payung untuk berteduh sambil menikmati pemandangan disekitarnya. Tidak hanya itu saja, disini juga sudah tersedia sebuah pendopo yang dapat digunakan sebagai ruang beristirahat di puncak dan tentunya menyajikan keindahan alam yang lebih luas dibandingkan di Gardu Pandang. Bahkan jika cuaca mendukung, kalian juga bisa menikmati pemandangan 5 gunung, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Slamet. Selain itu, terdapat pula sebuah taman kecil yang biasanya digunakan sebagai camping anak sekolah, kampus ataupun pecinta alam.

Harga Tiket dan Operasional

Waktu operasional : 08.00 – 17.00.
Harga Tiket :

  • Weekdays : Rp 3000
  • Weekend : Rp 4000

Fasilitas

Fasilitas disekitar goa kini sudah mulai lengkap, mulai dari tempat parkir, kamar mandi, mushola serta beberapa warung kecil. Jadi kalian tidak perlu repot apabila merasa lapar setelah menyelusuri goa karena sudah ada berbagai makanan yang tersaji.

Bagaimana? Menarik bukan pesona keindahan yang ditawarkan Goa Seplawan Purworejo? Nah, jangan ragu untuk mengunjunginya ya. Pastikan juga kendaraan dalam kondisi prima agar nantinya tidak mogok di jalan. Namun, yang paling penting adalah kondisi kesehatan. Pastikan kondisi tubuh kalian dalam keadaan prima. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan moment keseruan kalian ketika menelusuri goa ataupun menikmati pemandangan alamnya.

Note: sebagian besar informasi ini diperoleh dari Nanang dan Alwin Kamal (Genpi Purworejo). dengan narasumber Kelik (salah satu anggota dari tim penemu Goa Seplawan).

Author: Admin

cuma Admin yang memantau timeline - yang dibelakang layar biarlah tetap dibelakang layar :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *