Geger Menjangan: Wisata Alam sekaligus Wisata Religi

G-PenaKedu – Ingin mencari wisata alam menarik di Purworejo? Kalian bisa mencoba mengunjungi Geger Menjangan Purworejo. Wisata ini merupakan objek wisata alam yang cukup indah dan dapat memberikan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan aktivitas sehari-hari yang kalian lakukan. Terletak di Dusun Watu Belah, Desa Trirejo, Kec. Loano, Kab. Purworejo, Jawa Tengah dapat ditempuh dalam waktu yang singkat. Tempat ini memang cukup ramai dikunjungi, terutama saat musim liburan. Tak heran jika saat weekend atau musim liburan, wisata ini akan sangat ramai.

Asal Usul

view-puncak-geger-menjangan

Nama Geger Menjangan ini berasal dari kata “geger” yang memiliki arti punggung serta “menjangan” yang memiliki arti kijang. Hal ini dikarenakan jika dilihat dari kejauhan, Geger Menjangan terlihat seperti seekor kijang.

Geger Menjangan Purworejo sebenarnya merupakan sebuah bukit yang berada di atas ketinggian 175 mdpl dan masih masuk ke dalam kawasan barisan perbukitan Menoreh. Untuk bisa mencapai lokasi puncak Geger Menjangan, wisawatan yang datang harus menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan serta jalanan setapak dengan medan yang cukup menanjak.

Meskipun akses jalannya cukup susah, akan tetapi setelah sampai puncak kalian bisa melihat keindahan yang sangat menakjubkan. Tak heran jika banyak orang yang menjadikan wisata ini sebagai kegiatan trekking atau mendaki gunung.

Pesona Geger Menjangan

Adapun pesona keindahan yang dapat dinikmati di puncak geger menjangan diantaranya adalah kalian bias menikmati sunrise ataupun sunset. Di puncak juga terdapat sebuah pendopo yang dapat digunakan untuk beristirahat. Di dekat pendopo tersebut terdapat sebuah taman kecil yang dapat digunakan anak-anak untuk bermain, selain itu ada pula kolam kecil.

taman-geger-menjangan

Disekitar area puncak kini sudah ada beberapa spot foto yang dibangun oleh pemerintah setempat yang bekerjasama dengan warga sekitar. Dengan adanya spot foto dengan latar belakang perbukitan dan persawahan penduduk, diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Hingga saat ini, pemerintah setempat masih berupaya untuk meningkatkan fasilitas ataupun mengelola tempat tersebut agar lebih baik dan mengundang banyak wisatawan.

Misteri Dan Legenda

Dibalik keindahannya, wisata alam ini memiliki misteri dan legenda yang tersimpan. Saat mencapai puncak, wisawatan yang datang tak hanya bisa menyaksikan pemandangan kota Purworejo dari atas puncak saja. Wisatawan juga dapat berziarah ke makam tua yang terdapat di bagian puncak yaitu Kyai Imam Puro yang merupakan salah satu ulama besar di Purworejo kala itu. Beliau merupakan tokoh yang memiliki andil yang cukup besar di dalam sejarah kota Purwokerto.

Tak jauh dari makam tersebut, terdapat pula sumur tiban. Konon katanya, sumur tersebut sangat ajaib oleh masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan sumber tersebut tidak pernah mengering sedikitpun meski sedang musim kemarau. Kedua objek tambahan ini merupakan pelengkap pelengkap dari wisata alam yang ada di Geger Menjangan. Tidak hanya itu saja, kalian juga bias mempelajari nilai sejarah, budaya dan religi dimasa lampau. Jadi, jangan sampai melewatkan objek-objek bersejarah tersebut saat mengunjungi wisata ini.

Fasilitas & Operasional

Bagi kalian yang ingin mengunjungi wisata alam Geger Menjangan, datanglah setiap hari Senin-Jum’at pada pukul 7 pagi hingga 5 sore. Tak hanya dapat menikmati pemandangan alam dan berziarah saja, disekitar tempat wisata juga sudah disediakan berbagai fasilitas lain seperti penginapan, warung makan, kamar mandi dan lain sebagainya. Jadi, bagi kalian yang membawa anak-anak tentunya bisa memanfaatkan fasilitas yang ada.

Harga tiket

Tiket masuk wisata Wisata Geger Menjangan sangatlah murah, hanya sekitar Rp 2.000/orang. Dan untuk bisa masuk ke kawasan makam Kyai Imam Puro ditambahi biaya sekitar Rp 1.000/orang saja.

Rute dan Transportasi

Untuk rute menuju wisata ini sangat mudah ditempuh. Wisatawan yang ingin berkunjung bisa menempuhnya dari kota Purworejo. Akses yang dapat digunakan dari Jl. WR Supratman – Jl. Baledono – dan kemudian menuju Desa Trirejo. Untuk waktu tempuhnya sendiri hanya sekitar 15-30 menit tergantung dari kondisi jalanan.

Kalian juga bisa menggunakan kendaraan umum seperti bis atau angkutan daerah Purworejo. Akan tetapi, kalian hanya bisa sampai di Kecamatan Loano saja. Untuk menuju lokasi, kalian bisa menggunakan jasa ojek atau bisa juga berjalan kaki menuju lokasi tersebut sambil menikmati pemandangan yang ada.

Wisata ini sangat cocok digunakan untuk berwisata bersama keluarga dan mengisi kegiatan liburan. Keindahan alam di tempat ini dapat memberikan efek refreshing karena memang udaranya yang masih segar serta alamnya yang maish sangat asri. Nah itu tadi informasi lengkap mengenai wisata Geger Menjangan Purworejo. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat ya.

Author: Admin

cuma Admin yang memantau timeline - yang dibelakang layar biarlah tetap dibelakang layar :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *