About Us

Generasi Pena Kedu merupakan sebuah website atau rumah dari kami Generasi Pesona Indonesia Karisidenan Kedu. Dimana nantinya kami akan menuangkan dan memamerkan karya-karya kami untuk meninggalkan jejak-jejak digital Pariwisata di wilayah Kedu dalam berbagai jenis karya media.

GenPI itu Apa dan Siapa?

GenPI adalah singkatan dari Generasi Pesona Indonesia yang merupakan kumpulan dari para relawan pariwisata atas gagasan dari Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Relawan tersebut biasanya akan mempromosikan suatu potensi wisata, kuliner dan lain-lain yang terdapat di wilayah tertentu melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, Web ataupun platform lainnya.

Kami adalah GenPI Kedu yang merupakan sub wilayah dari GenPI Jateng yang sudah diresmikan pada bulan Maret 2017 silam. GenPI Kedu terdiri atas 6 wilayah, yaitu Kabupaten Kebumen, Kabupaten Magelang, Kota Madya Magelang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Adapun ketua dari GenPI Kedu adalah Bayu Sapta Nugraha asal Kabupaten Magelang, sedangkan ketua dari GenPI Jateng adalah Wahyudi D. Hartanto dari Semarang dan ketua GenPI Nasional adalah Ebo Mansyur.

Perlu diketahui bahwa hingga saat ini setidaknya sudah ada 6 karisidenan yang merupakan bagian dari GenPI Jateng selain kami, yaitu GenPI Banyumas, GenPI Surakarta, GenPI Pekalongan, GenPI Semarang dan GenPI Pakujembara (Pati). Keenam karesidenan GenPI tersebut telah diresmikan pada 29 Juli 2017 silam bersamaan dengan acara Borobudur International Festival yang diadakan 4 tahun sekali di Taman Lumbini, Komplek Taman Wisata Candi Borobudur. Peresmian 6 karisidenan tersebut ditandai dengan penyelempangan selendang dari Don Kardono selaku Staff Khusus Kementrian Pariwisata Bidang Komunikasi kepada masing-masing koordinator wilayah.

Tujuan

Tujuan utama kami adalah mempromosikan potensi wisata di masing-masing daerah Kedu, baik itu wisata alam, wisata keluarga, wisata edukasi, event ataupun jenis wisata lainnya melalui media social maupun media digital lainnya. Tidak menutup kemungkinan kami juga akan mempromosikan kuliner khas tertentu yang ada di masing-masing wilayah dengan tujuan agar masyarakat luas ataupun luar negeri mengetahui potensi apa saja yang ada di wilayah tersebut. Harapan kami adalah dapat mengangkat potensi wisata yang tidak terlihat atau belum terkenal dari wilayah tersebut dan memperkenalkannya ke masyarakat luas.

Kami akan memberikan konten dari 6 wilayah di Karisidenan Kedu. Kami akan mengkomunikasikan lebih lanjut melalui Koordinator wilayah Kabupaten/Kota yang secara otomatis nantinya berposisi menjadi pimpinan redaksi, sedangkan Korda Kedu akan menjadi penasehat dan pemantau konten.

Kritik ataupun saran selalu terbuka untuk kami. Jangan ragu untuk memberikan masukan untuk kami agar dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat dalam mempromosikan wisata. Apabila Anda tinggal di wilayah Kedu yang kami sebutkan diatas dan disekitar Anda terdapat potensi wisata yang belum dikenal oleh masyarakat, sangat disarankan untuk memperkenalkannya kepada kami agar dapat kami bantu untuk mempromosikannya. Nantinya kami akan mengkoordinasikannya ke koordinator wilayah terkait. Adapun formatnya adalah:

  • Nama Tempat Wisata:
  • Lokasi (secara detail):
  • Jam Operasional:
  • Harga Tiket (jika ada):
  • Kondisi Medan (sudah teraspal atau belum, mohon dijelaskan secara rinci):
  • Deskripsi (secara detail):
  • Lampirkan Foto (bila ada):
  • Kontak pengelola:
  • Socmed Wisata:

 

Contoh pengiriman:

Nama : Candi Borobudur

Lokasi : Jl. Badrawati, Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah

Jam Operasional : 06.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket :

  • Dewasa (termasuk diatas 10 tahun) : Rp 40.000
  • Anak-anak : Rp 20.000

Kondisi Medan : Kondisi medan baik, jalan sudah teraspal. Motor, mobil ataupun bus sudah bisa masuk. Dari beberapa arah menuju lokasi jalanan sedikit rusak akan tetapi masih bisa dilalui.

Deskripsi :

Candi Borobudur adalah sebuah peninggalan sejarah kuno yang hingga saat ini masih terawat dengan baik. Disini pengunjung dapat mempelajari tentang sejarah awal terbentuknya Candi Borobudur dan menikamti keindahan alam disekitarnya. Disekitar bangunan candi juga terdapat beberapa museum yang dapat Anda kunjungi. Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa menikmati wahana baru, yaitu dengan menunggangi gajah.

Foto terlampir

Kontak pengelola :

  • Phone : 024 8646 2345
  • Email : info@borobudurpark.co.id

Socmed Wisata :

  • Website : https://borobudurpark.com

 

Anda dapat mengirimkan format tersebut dalam bentuk singkat atau dalam bentuk artikel (ditulis ke Ms. Word) ke: admin@genpikedu.com. Pihak kami akan mengolah informasi tersebut dan secepatnya akan kami bantu promosinya. Jika kami merasa informasi tersebut kurang lengkap, kami akan berusaha mengkontak Anda agar informasi yang akan kami tayangkan tersebut bersifat valid. Anda juga bisa mengundul formulirnya di halaman Formulir.

 

Salam Gass!

 

Admin